Pengajian malam senin pada minggu 17 Jul 2011 di masjid Ar Rahman  Taman Persada Bekasi seperti biasanya di hadiri oleh Jamaah sholat Isya'. Seperti biasanya pula penceramah di isi oleh Ustadz Jalaludin dari Kampung Parung Banteng Desa Cibarusah Jaya Kecamatan Cibarusah Kabupaten Bekasi

Secara harfiah  malam nisfu sya'ban merupakan malam setengah dari bulan sya'ban. Hal ini menandakan  bahwa 15 hari lagi akan datang bulan Ramadhan. Pada bulan sya'ban ini umat islam juga mempersiapkan diri untuk menghadapi bulan puasa Ramadhan. Dan bagi yang berhutang puasa pada Ramadhan tahun lalu,biasanya mereka membayar puasa pada bulan sya'ban ini. Mereka melunasi utang puasa sebelum bulan  Ramadhan datang

Dalam ceramahnya beliau menganjurkan untuk melakukan amalan-amalan sunah pada bulan sya'ban . Pada malam nisfu sya'ban 300 pintu rohmah di buka oleh Alloh SWT. Pada malam Nisfu sya'ban Alloh mengampuni dosa manusia. Namun ada 10 orang yang tidak mendapat ampunan dari Alloh SWT. Yaitu:

1.Golongan orang Musyrik(Menyekutukan Alloh)
2.Orang yang Durhaka.
3.Orang Dzalim
4.Dan seterusnya..............(Mungkin pembaca sudah tahu...heheee.....penasaran? Ngaji yuk....)

Oleh karena itu biasanya pada malam nisfu syakban setelah sholat magrib banyak yang berada di masjid. Biasanya mereka melakukan amalan sunah seperti membaca surat yasiin sebanyak 3 kali dan memanjatkan doa pada malam nisfu sya'ban. Sebelum membaca surat yasiin di laksanakan dulu sholat sunat sebanyak 2 rakaat.




Ibadah sholat sunat dan doa di malam Nisfu Sya'ban di maksudkan untuk memohon ampunan dari Alloh SWT di mana seluruh catatan amal seluruh manusia selama setahun akan di laporkan. Dan di ganti dengan buku catatan amal yang baru. Semoga amal yang di laporkan  jika seandainya ada amalan yang buruk (Dosa) akan diampuni oleh Alloh SWT.

Selain sholat sunat pada malam Nisfu sya'ban ada Sholat tasbih yang  minimum musti di lakukan setahun sekali oleh seorang yang beragama Islam. Sholat tasbih di maksudkan agar kita bisa khusnul khotimah jika sakaratul maut menjemput kita. Jadi barang siapa melakukan sholat tasbihada harapan khusnul khotimah saat ajal tiba.

Sholat sunat pada malam nisfu sya'ban biasanya terjadi kontroversi di kalangan umat Islam,ada yang melaksanakan ada juga yang tidak, namun ustadz Jalaludin menganjurkan hal tersebut tidak perlu dipermasalahkan. Walaupun amalan sunah ini tidak bersumberkan pada hadits , namun para ulama menganjurkan untuk melaksanakan. Dan ada sebutan bahwa ulama merupakan pewaris para nabi. Ada sebuah hadits (tidak di sebutkan di sini) namun  yang ditafsirkan oleh ulama yang intinya sebagai berikut.Nabi di minta melasanakan sholat sunat namun kebetulan waktunya di bulan puasa.Jadi ulama menafsirkannya begitu.Maka para ulama melaksanakan sholat sunat  2 rakaat (apa saja-red) pada malam nisfu sya'ban.
Ustadz Jalaludin juga mengatakan hadits dasarnya yang berhubungan dengan nisfu sya'ban banyak .Namun  saya sebagai penulis tidak bisa menuliskan semuanya di posting ini. Ada sebuah keterbatasan pada diri saya. Tujuan saya sekedar posting, dan saya bagikan secara gratis(artikel) di sini. Jika ada pengunjung blog ini yang mengetahui lebih jauh tentang hal ini , silahkan tulis komentar pada kotak di bawah posting ini.

Diakhir acara diadakan acara penbacaan al barjanji dan makan bersama dengan semua peserta pengajian. Alhamdulillah ada sodagoh dari Bp.Ketua DKM Ar Rahman Bp.Zainuddin Hardaz. Alhamdulillah Ayam bakar dan nasi uduk bisa dimakan bersama oleh Jamaah.Semoga amal Jariahnya di Terima Alloh SWT.

Artikel Terkait

 
Copyright © 2010. WARTA PERSADA.COM - All Rights Reserved