Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Michael Tane menyatakan situasi keamanan di perairan Somalia telah menyita perhatian dunia internasional. Bahkan persoalan ini telah dibahas di organisasi terbesar dunia, yaitu Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Ia mengatakan sudah ada beberapa negara yang mengerahkan kekuatan angkatan lautnya di perairan Somalia guna menangani masalah pembajakan.

Ada berbagai informasi yang di sebarkan oleh organisasi maritim internasional mengenai situasi khususnya di perairan Somalia.Upaya-upaya yang sudah ada cukup banyak, dilakukan oleh masyarakat internasional. Michael menjelaskan bahwa akar persoalan aksi-aksi perompakan di perairan Somalia lantaran situasi keamanan di negara dunia ketiga itu yang tidak kondusif.

Di sisi lain perairan Somalia merupakan jalur utama pelayaran internasional, sehingga banyak kapal-kapal bermuatan barang berharga yang melintas dari Teluk Aden ke dekat perairan Somalia.

Situasi ini apabila dibiarkan, maka akan semakin membuat aksi perompakan merajalela. Apalagi kondisi tidak aman di perairan Somalia telah berlangsung sejak lama dan telah menjadi keprihatinan dunia internasional.

Sumber: okezon

Artikel Terkait

 
Copyright © 2010. WARTA PERSADA.COM - All Rights Reserved